CRM News

KAMUS MARKETING

Berikut di bawah ini adalah istilah-istilah umum dalam dunia Marketing :

 

 

Above The Line: Kegiatan  periklanan melalui sarana media massa (biasanya media yang dibeli dari pihak ketiga). misalnya televisi, surat kabar, radio dan  billboard.

 

Below The Line: Kegiatan periklanan melalui sarana non media massa. seperti direct marketing, brosur, flyer, leaflet,dll.

 

Add-on: Aksesoris tambahan, bagian pengganti, atau versi premium dari produk atau jasa yang ditawarkan kepada pembeli.

 

Awareness: Persentase khalayak sasaran yang mengenali keberadaan sebuah brand ketika ditanyakan dalam sebuah survei.

 

Brand Activation: Pemaksimalan kinerja sebuah brand secara internal maupun eksternal dalam kegiatan terencana dan terintegrasi

 

Brand Ambassador: Seseorang atau sekelompok orang yang ditunjuk untuk mempromosikan sebuah brand dengan cara berinteraksi dengan pelanggan, calon konsumen, mitra, ataupun media.

 

Customer Relationship Management: Penjajagan perilaku konsumen yang bertujuan untuk mengembangkan proses pemasaran dan membina hubungan yang baik agar tercipta keterikatan antara konsumen dengan brand.

 

Customer Service: Produk atau jasa yang dapat disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan pembeli

 

Direct Marketing: Komunikasi brand secara langsung dan personal kepada khalayaknya, misalnya melalui surat

 

Experiential Marketing: Penggunaan media interaktif dalam mengomunikasikan brand secara emosional kepada khalayak

 

Franchise: Pemberian hak penggunaan brand dan sistem operasionalnya kepada pihak tertentu

 

Focus Group Discussion (FGD): Teknik riset kualitatif yang menggunakan beberapa orang yang dianggap mewakili segmentasi tertentu ke fasilitas riset untuk mendiskusikan pokok persoalan yang diberikan.