Kiat Jitu Meningkatkan Project Collaboration

tips meningkatkan project collaboration

 

Collaboration menentukan keberhasilan interaksi bisnis. Saat talenta dan sumber daya bersatu, Anda memiliki kekuatan untuk meraih keberhasilan yang jauh lebih besar dan penting. Scaling up, internationalization dan berbagai perubahan dalam teknologi menjadikan collaboration sangat berguna, bahkan sangat penting. Saat ini hampir separuh dari seluruh proyek beroperasi berdasarkan fixed-time/fixed-fee structure karena tuntutan prediktabilitas, akuntabilitas dan value yang lebih besar dari para klien.

 

Fixed-time/fixed-fee pricing structure fokus pada akurasi dan efisiensi kegiatan operasional untuk mencegah pemanfaatan talenta dan sumber daya yang berlebihan atau kurang maksimal dan mengendalikan berbagai kebutuhan dan tujuan proyek yang berubah-ubah. Komponen utama dalam keberhasilan perencanaan dan alokasi adalah collaboration. Bagaimana Anda dapat meningkatkan project collaboration?

 

1.  Dengan berani buka-bukaan

Menyembunyikan informasi dan mengisolasi tim sudah tak lagi manjur. Sudah saatnya organisasi menerapkan transparansi level baru agar para profesional dapat menemukan dan membagikan informasi tentang klien secara bebas, mengakses seluruh expertise yang tersedia serta menerapkan practice yang disetujui dengan mudah dan nyaman.

 

Jika berhasil menerapkan transparansi level baru tersebut, Anda akan dapat bereaksi secara real time atau mendekati real time, lebih efisien dalam mengambil keputusan dan memiliki sinkronisasi perspektif karena seluruh anggota tim bekerja menggunakan data yang sama. Jika ingin proses kerja modern dan efisien, buka-bukaan menjadi sesuatu yang wajib.

 

2.  Semua kebagian tanggung jawab

Pembagian tanggung jawab secara lebih merata dan luas kepada seluruh anggota tim akan menjaga kontribusi dan kreativitas individu. Anda dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih akurat, menugaskan peran dan keahlian yang lebih cocok untuk menyelesaikan proyek, membuat keputusan lebih cepat dan searah, serta mendapat kepuasan dan meningkatkan retensi tim.

 

3.  Menggunakan tools yang tepat

Software seperti Microsoft Dynamics 365 for Project Service Automation (PSA) memberikan end-to-end process framework yang mempermudah kolaborasi antara tim internal and eksternal, serta mempertemukan banyak elemen berbeda namun penting dalam sebuah proyek. Sistem tunggal customer engagement untuk sales, resourcing, delivery dan billing dapat meningkatkan visibilitas operasional, efisiensi proses, skalabilitas dan keamanan. Tools yang tepat membantu perusahaan menjadi lebih sigap, flat dan mudah melakukan penyesuaian. Semakin kolaboratif tim Anda, semakin besar kesempatan untuk meraih kesuksesan bersama-sama.

 

Referensi: https://community.dynamics.com/b/msftdynamicsblog/archive/2017/04/10/tips-to-improve-project-collaboration