Pengusaha Pabrik, Lakukan Transformasi Bisnis untuk Memenangi Persaingan!

lakukan transformasi bisnis sekarang

 

Transformasi bisnis dimulai dari transformasi terhadap service center karena service bukan biaya yang harus Anda bayar karena berbisnis, service adalah bagian dari bisnis Anda.

 

Sebagai pengusaha pabrik, Anda akan terus merasakan tekanan untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik, lebih cepat atau lebih murah. Namun, seberapa sering Anda mendapat kesempatan untuk membuat bisnis Anda berbeda dengan mengubah atau memperluas model bisnis Anda?

 

Disruptive force berupa physical dan digital innovation memberikan kesempatan bagi Anda untuk melakukan servitization, proses memperoleh penghasilan dari services, bukan dari discrete products.

Mengapa melakukan servitization sekarang?

Karena baru sekarang menjual service menjadi sesuatu yang profitable. Ada tiga faktor fundamental yang mendasarinya. Pertama, hadirnya Internet of Things (IoT) dan infrastruktur cloud yang dapat menghubungkan berbagai device dengan biaya lebih rendah. Kedua, konsumsi data, manajemen dan kemampuan analisis. Ketiga, keinginan pasar untuk membeli sebuah service daripada sebuah produk. Pelanggan tak perlu membayar mahal untuk ownership dan bertanggung jawab akan servicing devices.

 

IoT memungkinkan service dilakukan secara otomatis, jarak jauh dan terpandu, sehingga meminimalisir jumlah teknisi yang ditugaskan. Bayangkan berapa besar biaya yang dapat dihemat ketika lebih banyak masalah dapat diperbaiki tanpa perlu menjadwalkan service visit.

 

Saat on-site service dibutuhkan, melalui penjadwalan yang optimal, Anda dapat mengirimkan teknisi yang tepat dengan resources yang tepat pula untuk menyelesaikan pekerjaan. Ketika support tambahan diperlukan, para teknisi tinggal menggunakan mesin untuk menyelesaikan masalah dan berhubungan dengan para ahli di kantor untuk meningkatkan first time fix rate.

 

Servitization menjadi profitable ketika berhasil memperluas sebuah model bisnis pengusaha pabrik. Margin penjualan discrete product akan selalu tumbuh secara linear. Bagaimanapun juga, Anda tidak bisa menjual device hanya separuh saja. Dengan adanya value-added services yang dijual bersama dengan device, margin penjualan discrete product akan meningkat.

Capai transformasi bisnis dengan Microsoft Dynamics 365

Teknisi, service agent dan sales akan mendapat akses penuh terhadap aset pelanggan dan riwayat kerja bila menggunakan Microsoft Dynamics 365. Kepuasan pelanggan akan meningkat saat teknisi mampu menyelesaikan kasus dengan cepat, memberikan langkah-langkah troubleshooting dengan cepat, dan memiliki diagnostik yang kaya.

 

Dynamics 365 juga memudahkan Anda dalam menjadwalkan dan memberikan tools yang tepat kepada teknisi, memberikan wawasan bukan hanya tentang device, tapi juga supply chain. Dengan Dynamics 365, service center dapat menyeimbangkan antara mengoptimalkan biaya dan menyediakan service yang konsisten dan berkualitas tinggi untuk semua pelanggan. Microsoft memiliki visi untuk menjadikan manufacturing services bukan hanya sebagai pusat profitabilitas, tetapi sebagai penghasil bisnis baru itu sendiri.

 

Realta siap membantu Anda menggapai transformasi bisnis dengan memanfaatkan Microsoft Dynamics 365. Hubungi Feti di 021 386 1772 atau melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk memperoleh informasi lebih jauh tentang Microsoft Dynamics 365.

 

Referensi: https://community.dynamics.com/b/msftdynamicsblog/archive/2017/06/26/transform-your-service-center-transform-your-business

 

 

Artikel ini ditulis oleh Tim CRM Software/CRM Solution PT Realta Chakradarma.