Dalam Transformasi Digital, yang Mana Anda: Pemangsa Digital atau Mangsa Digital?

crm software

 

Menghadapi transformasi digital, termasuk yang manakah organisasi Anda: pemangsa digital atau mangsa digital? Di mana letak perbedaan antara pemangsa digital dan mangsa digital?

 

Dalam sebuah webinar yang tersedia on-demand, Vice President Forrester dan Principal Analyst Nigel Fenwick membahas perbedaan utama antara pemangsa digital (yang bergerak paling cepat dan paling jauh untuk menghadapi transformasi digital) dan mangsa digital (yang kemungkinan mengalami disrupsi). Perbedaannya terletak pada memikirkan kembali bagaimana value diciptakan untuk para pelanggan.

 

Menurut Fenwick, meningkatnya ekpektasi pelanggan yang tidak diimbangi dengan perubahan menyebabkan value Anda di mata pelanggan berkurang. Ketika mangsa digital mempertahankan fokus terhadap produk dan jasa, pemangsa digital fokus terhadap perbaikan atau perubahan customer experience beserta hasil dan harapan yang diinginkan.

 

Lebih lanjut menurut Fenwick, pengalaman digital baru dan teknologi digital yang bermunculan akan menjadi bagian penting dalam value delivery. Sebagai contoh, lihat Blockbuster yang gagal dan dikalahkan oleh Netflix. Atau, lihat perubahan dan evolusi yang terjadi di dalam ritel.

 

Untuk dapat bertahan hari ini dan berkembang keesokan harinya, diperlukan sebuah cara berpikir yang baru dalam menjalankan bisnis: fokus terhadap pengalaman pelanggan – bagaimana menciptakan pengalaman dan memberikan hasil serta kepuasan.

 

Menurut Walker Customers 2020 Report, pengalaman pelanggan lah yang akan menjadi pembeda merek yang satu dengan yang lainnya. Pengalaman pelanggan akan berada di posisi lebih tinggi dari harga dan produk pada tahun 2020. Namun ternyata, pengalaman pelanggan sudah secara perlahan tapi pasti beranjak naik menyalip harga dan produk, menurut para pemengaruh.

Belajar untuk Memimpin dalam Transformasi Digital

Terdapat enam kunci utama dalam menghadapi transformasi digital dan menciptakan customer value baru serta menghasilkan revenue. Keenam kunci utama tersebut yaitu:

 

1. Mengenali disrupsi digital yang saat ini terjadi di semua industri
2. Mendapatkan dukungan eksekutif untuk melakukan transformasi bisnis demi menciptakan value baru
3. Mengetahui kekuatan agility dan bagaimana cara mempertahankannya
4. Menemukan karyawan yang tepat yang memiliki keahlian digital atau pelatihan digital untuk mencapai tujuan
5. Menjadikan CIO dan CMO sebagai partner strategis
6. Memanfaatkan teknologi yang tepat untuk menciptakan sumber value baru bagi pelanggan.

 

Bagi Anda yang memulai, memimpin atau mendukung inisiatif transformasi digital pasti ingin mengikuti webcast yang satu ini: klik di sini untuk mendaftar.

 

Referensi: https://community.dynamics.com/b/msftdynamicsblog/archive/2017/04/20/digital-transformation-is-your-organization-the-digital-predator-or-digital-prey

 

 

Artikel ini ditulis oleh Tim CRM Software/CRM Solution PT Realta Chakradarma.